Elimkhalimah's Blog

Oktober 17, 2010

OpenOffice.org

Filed under: Uncategorized — elimkhalimah @ 2:21 am

OpenOffice.org

sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010. Kode asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.

Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.

Native Lang Indonesia

Proyek ini bertujuan untuk membangun sebuah komunitas yang nantinya diharapkan bisa berkontribusi pada proyek OOo (OpenOffice.org) dan menghasilkan OOo versi Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi kontributor pada proyek Native Lang Indonesia, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri pada situs OpenOffice.org. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat panduan untuk melakukan kontribusi atau bisa menghubungi Project Leader untuk proyek Native Lang Indonesia.

Dokumentasi OpenOffice.org

Untuk saat ini, beberapa dokumentasi HOWTO, manual serta Setup Guide versi bahasa Indonesia sudah tersedia pada situs Dokumentasi OpenOffice Indonesia. Dokumentasi ini akan terus diupdate oleh para kontributor pada proyek Dokumentasi OpenOffice.org Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi kontributor pada proyek Dokumentasi OpenOffice.org Indonesia, silahkan mengunjungi situs Proyek Dokumentasi OpenOffice.org.

Format OOXML yang diajukan oleh Microsoft pada akhirnya gagal untuk mendapatkan persetujuan untuk diajukan pada lembaga standarisasi ISO setelah mengalami kegagalan dalam memperoleh suara dari berbagai negara yang berakhir pada 2 September yang lalu. Dengan lebih dari 6000 halaman spesifikasi, banyak pihak merasa kesulitan untuk mempelajarinya (termasuk pihak Indonesia yang pada akhirnya memilih untuk abstain). Selain itu, juga ditemukannya banyak masalah kompatibilitas serta implementasi dengan standar yang lain.

sumber : http://www.google.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: